Kenali Sejarah dari Museum Buleleng

by - 05:43


     Harusnya tulisan ini saya posting di bulan juni kemarin namun karena keinginan untuk membuat tulisan yang tidak ngasal dan kualitas foto yang baik saya mencoba mencoba mencari waktu untuk berkunjung kembali ke museum. Kunjungan kali itu saya tidak sendiri, karena di temani oleh adik perempuan saya yang saat itu sedang pulang dari Pondok Pesantren.

   Beginilah tampak depan dari museum buleleng tahun kunjungan 2018, saya berkunjung saat hari libur. Awalnya saya kira tidak ada yang menjaga, namun ternyata ada  >_< , penjaganya sedang tertidur di bale bale / sejenis pendopo kecil di sebelah kiri bangunan museum.

Saya dan adik saya pun berjalan masuk kedalam, oh iya sebenarnya dulu saya pernah mengunjungi museum ini, sewaktu saya SMP maybe kelas 8 rasanya, saya tidak begitu jelas mengingatnya.. sepertinya saya sudah berhasil melupakan masa SMP saya yang kelam itu.  Just feeling broo!!!


Di sebelah kiri masuk terdapat meja tamu, disana kita di wajibkan untuk menulis data pada umumnya, maybe untuk arsip kunjungan Museum, dan juga di sediakan kotak donasi, yaa untuk donasi lah bro !!!

Di ruang depan saya sudah di sambut dengan display gambar berbagai macam bentuk wayang kulit yang di cetak dengan Art paper dan di tempel di dinding, di buat semacam pameran.







    lanjut masuk ke ruang yang kedua.









        Di ruangan kedua banyak sekali kami dapati benda benda kuno, yang berdebu, kaca raknya berjamur sehingga kurang jelas ketika kami melihatnya.  Selain itu di museum ini juga ada baju Milik Raja Buleleng, serta barang barang lainnya seperti uang jaman dulu yang di gunakan masyarakat buleleng, topeng Dan lain lainnya.




















    Selain itu, di museum ini juga menyimpan beberapa foto Raja Buleleng beserta Keluarga, foto foto ini di taruh di ruangan dekat koridor, tepatnya sebelah kiri, ketika saya berkunjung sedang ada Barong di letakkan di tengah Ruangan.  Dan sebagai spesies jaman Now saya memutuskan untuk berfoto bersama kembaran saya :”( 









    Di sebelah kiri dan kanan di pajang beberapa lukisan,  contohnya di sebelah kanan saya terpampang besar lukisan Patih Jelantik. Dan beberapa foto lainnya.

Oke kawan kawan, mungkin segini dulu cerita saya, sayang kunjungan kali ini tidak bisa bertemu narasumber, padahal saya sangat ingin mewawancarainya. Namun berkunjung pun rasanya cukup menambah pengetahuan saya tentang Sejarah Buleleng di masa Lampau.

maybe lengkapnya supaya lebih kerasa, akan saya upload video kunjungan saya di Channel Youtube saya. ditunggu aja ya :)


Salam Budaya !!!

You May Also Like

0 komentar