Belajar Marketing Mix Produk AQUA
ANALIS MARKETING MIX AQUA
oleh Afifah | 1602071008 | DKV UNDIKSHA
1. Profil AQUA
AQUA adalah Perusahaan Asing yang memproduksi sebuah merek air minum dalam
kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh PT Aqua Golden Mississippi Tbk di Indonesia
sejak tahun 1973. Selain di Indonesia, Aqua juga dijual di Malaysia, Singapura,
dan Brunei. Aqua adalah merek AMDK dengan penjualan terbesar di Indonesia dan
merupakan salah satu merek AMDK yang paling terkenal di Indonesia, sehingga
telah menjadi seperti merek generik untuk AMDK.
Saat ini, terdapat 14 pabrik yang memproduksi Aqua
dengan kepemilikan berbeda-beda (3 pabrik dimiliki oleh PT Tirta Investama, 10
pabrik dimiliki oleh PT Aqua Golden Mississippi, dan pabrik di Berastagi,
Sumatera Utara dimiliki oleh PT Tirta Sibayakindo).
Sejak tahun 1998, Aqua sudah dimiliki oleh
perusahaan multinasional dalam bidang makanan dan minuman asal Prancis, Grup
Danone, hasil dari penggabungan PT Aqua Golden Mississippi dengan Danone.
Aqua didirikan oleh Tirto Utomo (1930-1994), warga
asli Wonosobo yang setelah keluar bekerja dari Pertamina, dan bekerja di
Petronas, mendirikan usaha air minum dalam kemasan (AMDK).
AQUA bermitra dengan LSM atau Lembaga Swadaya
Masyarakat di berbagai daerah di Kota Kota besar seluruh Indonesia.
AQUA menawarkan Produk Minuman Air Mineral dalam Kemasan yang berasal dari
Mata Air yang mengandung kandungan Mineral yang kaya Akan Nutrisi.
Saat ini AQUA menjadi perusahan AMDK ( Air Minum
dalam Kemasan) yang mempunyai tingkat penjualan paling besar dan produk AMDK
yang paling Terkenal di Indonesia. Sekaligus menjadi perusahaan yang banyak
memberikan bantuan dalam bentuk Air Minum bersih ketika terjadi Bencana Alam
dan kekeringan di beberapa daerah di Indonesia.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgPrXRAKZ7sb3sMhO3j8fldTWLZdEtrjzEMfyFIqEfKjbHV9yEW-vD9YQW1_jGDEU5lhcYrFNiOpoQDI4wsQ_gTvwgho474RF_PFKE2NkRr09ilXQKU6Dm1LpP2jyKuxrbZyEGOSxnzTs4J/s320/aqua1_20170719_214935.jpg)
LOGO Puritas
(1973-1974) dan logo Aqua (1974-2001) (dok.aqua)
Logo
Aqua Terbaru 2018 tanpa DANONE
MARKETING KONSEP
Dalam Memasarkan Produknya AQUA menerapkan konsep Marketing Mix sebagai Berikut.
1.
NAMA PRODUK
AQUA dikemas dengan proses higienis dalam beberapa ukuran
kemasan botol plastik; 330 ml, 600 ml, 750 ml dan 1500 ml serta kemasan gelas
plastik ukuran 240 ml dan kemasan galon 19 L untuk menunjang kegiatan yang
dinamis agar terhindar dari dehidrasi.
1.1. SPESIFIKASI AQUA
AQUA berasal dari sumber mata air yang terpilih
dengan segala kemurnian dan kandungan mineral alami yang terpelihara. AQUA
dikemas dengan proses higienis dalam beberapa ukuran kemasan botol plastik; 330
ml, 600 ml, 750 ml dan 1500 ml serta kemasan gelas plastik ukuran 240 ml dan
kemasan galon 19 l untuk menunjang kegiatan yang dinamis agar terhindar dari
dehidrasi.
AQUA mempersembahkan masyarakat Indonesia segala
kebaikan alam di setiap tetesnya.
1.2. VARIAN PRODUK
Dalam hal ini Aqua mempunyai 3 Produk Andalan yakni,
1. Air minum dalam kemasan nomor 1
di Indonesia sejak 1973
2. Produk
premium Aqua dengan bentuk botol yang elegan dihias oleh pola batik modern yang
didesain oleh Sebastian Gunawan
3.
MIZONE, Minuman
isotonik dengan 5 varian rasa
bernutrisi untuk
mengganti cairan tubuh dalam sekejap.
1.3.
LAYANAN
Bila
Konsumen mendapatkan kerugian dalam mengkonsumsi produk AQUA dapat menghubungi
Salah
satu layanan konsumen yang sudah di sediakan, diantaranya
atau Sampaikan pertanyaan Anda melalui form ini
atau dengan menghubungi call center Aqua Menyapa di
0807-15-88888.
Atau
www.aqua.com
Fitur dan Layanan dapat di Akses di http://www.aqua.com/aqua_menyapa
www. Aqua.com
2. HARGA PRODUK AQUA
Dalam
hal ini Harga Aqua di sesuaikan dengan kapasitas air dalam botol, berikut
diantaranya.
Harga Aqua 1500 ml 1 Dus isi 12 Pcs
Harga per dus = Rp 50.000
Harga per pcs aqua 1500 ml = Rp 4.500
Harga aqua 240 ml 1 dus isi 48 pcs
Harga per dus = Rp 22.000
Harga per pcs aqua 240 ml = Rp 500
Harga aqua 330 ml 1 dus isi 24 pcs
Harga per dus = Rp 29.500
Harga per pcs = Rp 1.300
Harga aqua 600 ml 1 dus isi 24 pcs
Harga per dus = Rp 40.000
Harga per pcs = Rp 1.900
Harga aqua 750 ml 1 dus isi 18
Harga per dus = Rp 68.000
Harga per pcs = Rp 3.500
Harga Aqua reflection 380 ml 1 dus isi 12
Harga per dus = Rp 128.500
Harga per pcs = Rp 10.800
Harga aqua sparkling 380 ml 1 dus isi 12
Harga per dus = Rp 137.500
Harga per pcs = Rp 11.500
Harga aqua galon 19 LITER
Harga isi ulang = Rp 15.000
Harga isi ulang + galon = Rp 55.000
Harga per dus = Rp 50.000
Harga per pcs aqua 1500 ml = Rp 4.500
Harga aqua 240 ml 1 dus isi 48 pcs
Harga per dus = Rp 22.000
Harga per pcs aqua 240 ml = Rp 500
Harga aqua 330 ml 1 dus isi 24 pcs
Harga per dus = Rp 29.500
Harga per pcs = Rp 1.300
Harga aqua 600 ml 1 dus isi 24 pcs
Harga per dus = Rp 40.000
Harga per pcs = Rp 1.900
Harga aqua 750 ml 1 dus isi 18
Harga per dus = Rp 68.000
Harga per pcs = Rp 3.500
Harga Aqua reflection 380 ml 1 dus isi 12
Harga per dus = Rp 128.500
Harga per pcs = Rp 10.800
Harga aqua sparkling 380 ml 1 dus isi 12
Harga per dus = Rp 137.500
Harga per pcs = Rp 11.500
Harga aqua galon 19 LITER
Harga isi ulang = Rp 15.000
Harga isi ulang + galon = Rp 55.000
(
mungkin berbeda harga di kota kota besar di Indonesia )
3.
TEMPAT DISTRIBUSI AQUA
Saat ini pendistribusian AQUA sudah hampir merata di
Seluruh Wilayah Indonesia dan juga mulai merambah ke beberapa Negara Tetangga
diantaranya Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura.
4.
PROMOSI / PUBLIKASI
1. menggunakan Slogan yang di publikasikan baik pada
media iklan televisi, internet.
Aqua
Melakukan kampanye It's in Me untuk sosialisasi hidup sehat kepada
konsumen di tahun 2011-2012.
Aqua menyelenggarakan 40
tahun Aqua, program ulang tahun Aqua ke-40 dengan tagline Bersama untuk
Indonesia, dengan peluncuran logo baru di tahun 2013.
Kemudian
mengadakan kampanye dengan slogan “ Ada AQUA ? “ di tahun 2014-2015
Kemudian
di tahun 2016 kembali mengadakan pergantian slogan yakni “ Temukan Indonesia Mu
“
Contoh
IKLAN AQUA dengan beberapa media
a. poster
2.
Propaganda Gerakan Peduli
3. Contoh Scene Iklan Aqua, menggunakan Model Dian Sastro yang saat itu sedang naik
daun
karena Film AADC
2
PERSONAL SELLING
Sebelum
terkenal seperti sekarang, Pemilik AQUA dulu pernah melakukan strategi
Penjualan yang bergerilya, yakni Door to Door, beliau mendatangi Pemilik - Pemilik
warung dan pedagang Rokok di pasaran untuk lebih memperkenalkan produknya
kepada masyarakat.
Tentu
saja untuk menarik minat pemilik toko, ia menawarkan produk sampel berjumlah
tiga botol secara gratis dan hanya membayar mulai pemesanan berikutnya..
Sumber.
www.
Aqua. com
0 komentar