Semester #5ehat di Dkv Undiksha

by - 12:07




   Ku bilang ini semester #5ehat, semester dimana aku benar-benar harus sehat wal afiyat.
Bismillah, 2019 adalah tahun terakhirku menyandang status sebagai Mahasiswi, yang mungkin adalah tahun tahun terakhir untuk saling bercanda tawa dengan sesama, tahun tahun terakhir mungkin untuk bertegur sapa dengan teman teman seperjuangan waktu awal awal masa orientasi. Adalah masa masa dimana salah paham adalah hal lumrah,masuk keluar masuk grup kelas karena salah paham adalah biasa dan segala hal lain – lainnya, ya ku tahu ini adalah tahun terakhir bersama sama untuk berjuang menggapai gelar yang saat ini ingin kami gapai. Sebelum entah mungkin satu persatu mulai kembali pulang ke kampung halaman, pergi merantau memperjuangkan hal lain.. atau mungkin membangun keluarga... ya akupun tidak tahu bagaimana. Hehe


Mungkin itu pembukaan tulisan ini, jadi semester 5ehat seperti bukannya hanya di rasa oleh aku sahaja, tentu teman – teman dikelas ku pun merasakan banyak beban beban oleh tugas, organisasi, pekerjaan part time, deadline kerjaan , revisi kerjaan dan pasti banyak lagi.. semester dimana kami merupakan mahasiwa perbaikan dari mahasiswa mahasiswa angkatan terdahulu... singkat cerita, semester kemarin pada awalnya kuliah terlihat santai dengan beban SKS yang tidak terlalu banyak.. semakin mendekati tengah semester kerajaan Api mulai menyerang kami dengan berbagai tuntutan, dimulai dengan Kegiatan Jurusan (Pameran), Akreditasi jurusan, dan tidak Lupa Ada Hadiah bagi kami, Kumpulan Mahasiswa Mahasiswi Akhir Semester.. ya kami Mendapat Hadiah berupa Pengumpulan Proposal dan Ujian yang harus di selesaikan pada semester #5ehat ini.. betapa kelimpungannya kami saat itu, makan menjadi tidak enak, tidur menjadi tidak bisa, belum lagi revisi tidak terhingga dari beberapa Mata Kuliah.. Suntuk .. Lelah.. menjadi seperti Gila. Baiklah mari semakin kita persingkat. 

Jadi di perkuliahan semester ini aku mendapat beberapa matakuliah yakni diantaranya ;

1. Kartun 
     Adalah satu satunya mata kuliah Gambar Manual yang aku dapati di semester ini, dan ini beberapa karya manual ku yang tersimpan sebelum di ku kumpulkan ke dosen dan sempat terdokumentasikan.



2 Fotografi Komersial 
Adalah mata Kuliah kelanjutan dari Fotografi Aplikatif, pada semester 4. Pada mata kuliah ini juga hanya beberapa foto yang tersimpan rapi didalam folder yang aku berantakan dan baru sempat aku bersihkan beberapa minggu yang lalu. 






3 Audio Visual Aplikatif
    Audio Visual, mata kuliah ini terbilang gahar. Dimana kami harus mendokumentasikan suatu tempat kedalam bentuk pengolahan video serta audio. Sebenarnya ini juga adalah Mata kuliah lanjutan dari Audio Visual  pada semester sebelumnya.  Pada mata kuliah ini aku mengambil tempat di sebuah Museum yang kurang diminati warga lokal, namun sangat diminati oleh Turis Asing dari Belanda atau biasa di sebut ceko. Selama proses perekaman dan pendokumentasian bangunan entah sudah berapa banyak turis yang aku temui disana, Museum Perpustakaan Gedong Kirtya adalah Perpustakaan  Pertama yang ada di Bali yang merupakan Bangunan bersejarah bagi dunia Sastra, museum ini menyimpan ribuan sastra bali yang digagasi  oleh seorang Berkembangsaan Belanda yang peduli dengan Karya Sastra Bali.  lebih lengkapnya kalian bisa cek Video ini. 

 


4 Deskomvis Komersial
   Juga merupakan Mata Kuliah lanjutan dari Mata Kuliah Deskomvis Media disemester 4, pada mata kuliah ini kami diharuskan menghasilkan sebuah karya yang berguna bagi mitra/kerja sama. Aku menggunakan bahan data yang sama dengan Audio Visual hanya saja membedakan media yang dibuat. Kurasa lebih efektif mengerjakan hal hal yang satu kesatuan. Lebih lengkap kalian bisa cek karya karya saya di mata kuliah ini di


Link di Bawah


5 Tekhnik Presentasi Grafika
Tekhnik Presentasi Grafika, seperti namanya.disini kami diajari untuk membawakan presentasi yang baik dan menarik dengan mengolah bentuk slide presentasi, gaya pembawaan presentasi, intonasi suara dan tentu banyak lagi. 




 

(salah satu teman yang sedang presentasi saat Kuliah Tekhnik Presentasi Grafika)

6 Tinjauan Desain
    Tinjauan Desain,bukan satu satunya Mata Kuliah non praktik – praktik club.. yang kadang membuat ngantuk karena teori, dan lumayan greget dengan pemilihan bentuk text yang digunakan oleh dosen untuk dibaca mahasiswa, rasanya mata kami serasa auto mau buta membacanya. Entah ku tidak tau apakah salah export atau ini adalah ujian perkuliahannya.. *kidding just

7 Web Desain
Menjadi mata kuliah favorit ku semester ini, ya aku berhasil untuk meracang website dengan coding, You Know CODING ?,CODING adalah kegiatan greget dengan mengharuskan mata yang teliti dengan simbol simbol yang digunakan, sialnya aku baru sedikit memahami tentang HTML dan CSS, bahan tugas ini aku menggunakan usahaku yakni Peuyeum Chips, jadi aku mencoba untuk membuat interface website dan PeuyeumChips, Peuyeumchips atau yang di kenal dengan keripik Tape khas Bandung..




8 Estetika, mata kuliah full teori dan presentasi, ya intinya diajarkan cara mengulas, membaca makna elemen – elemen desain, mengkaji makna bentuk bentuk yang diterapkan dalam berbagai media desain. sayangnya tugasnya tidak tersave di laptop entah dimana. 

Setelah itu perkuliahan selesai, lanjut ke minggu – minggu Ujian Akhir Semester yang kebanyakan mempresentasikan karya karya yang sudah di hasilkan baik dalam bentuk power point dan media cetak. Minggu selanjutnya adalah sidang proposal dimulai jam 9 pagi dan selesai sekitar jam 4 sore.. setelah itu kami berkumpul untuk berfoto bersama diakhir semester untuk pertama kalinya setelah kuliah berjalan 2,5 tahun .. dan ya ini kami  Anak Anak Imadekual tahun 2016 yang akan segera LULUS. 

You May Also Like

0 komentar