Pesona Air Terjun Tembok Barak Sambangan – Buleleng, Bali Utara #ExploreBULELENG #3

by - 07:55




Hai hai ... Assalamualaikum

Udah lama gak nulis di blog ini lagi, kalian apa kabar ?
Sebelumnya, big thanks buat kalian pembaca setia blog ku.. niat menulisku mulai gak teratur udah macam datang bulan ajaan * saja ( dalam bahasa bali ).

Oke deh.
Langsung aja tanpa basa basi lagi, cuss

Seperti biasa setiap adikku pulang dari pondok pesantren, entah semangat keluar kamar seperti berapi api, seru aja gitu rasanya jalan jalan bareng..  yah walau kadang ada waktu aku lebih milih pergi gak bilang bilang, biar ala ala bertingkah sok jadi orang dewasa gitu *hahaha

Nah jadi malam nya sebelum inisiatif buat pergi ke air terjun itu, adek gw si Iqbal rengek rengek tuh minta di ajak ke air terjun baru, yang jujur gua sama sekali ga tau tempatnya dimana karena emang bener bener ga tau wkwkw , jadi si  dia bilang “ Air Terjun di Seririt .. mai sana pah “  setelah berdebat lama, akhirnya dia membuka pikirannya  // read gak ding,  sebenarnya dia masih pingin banget ke air terjun itu cuman kalah telak waktu gua nanya ke dia “ emang kw tau tempatnya dimana ? emang di google maps ada ? “ , seketika dia langsung nyari dan gak nemu dan geleng geleng pasrah * hahaha akhirnya tanggal 1 Juni 2018 kemarin kita mutusin buat ke air terjun Tembok Barak di daerah Sambangan, nah kalau kalian pada tau Krisna Funtastic Land Sambangan ini air terjun pas banget ada di bawahnya, coba deh kalian kalau ke Krisna Funtastic Land ke arah belakang, nah disana kalian bakal di suguhi pemandangan serba hijau dari pohon pohon yang kalau gua bilang macam hutan, tapi tenang aja itu bukan hutan sih.. cuman semak semak raksasa *hahaha but lumayan ngeri kalau kalian sampe jatuh dari sana karena di bawa itu selain pohon pohon besar juga ada banyak batu batu besar, yang kalau kepala kalian hantam itu batu bisa langsung WASTED !!!!

Rencana cuman rencana ternyata gua kesiangan bangun, yah gua ada insomnia soalnya.. mau tidur malem itu jadi hal susah buat gua lakuin semenjak Kuliah hehehe..  tp dari pada Rencana jadi Wacana yaudah kita Gas meluncur ke sana di jam 10an,  matahari udah mulai terik.. perjalanan dari rumah gua kesana cuman makan waktu sekitar 20 menitan, ini belum turun ke kawasan air terjunnya loh ya.. sesampainya di sana.. gua rada kaget karena ternyata gang yang dulunya masih serba tanah sekarang udah macam gang gang kota metropolitan // Gilak banget kalau diinget.. gua kesana pertama kali tahun 2016 padahal, 2 tahun cuy perubahannya aje gilak..


       Intinya sampai disana gua sama iqbal langsung nyari tempat parkir dan sedikit agak was was karena disini rawan maling motor, alhasil gua sebelum ninggalin itu motor berdoa bersama adik gua, terus kita jalan menuju air terjun sambil merasa berat meninggalkan motor karena takut ilang dan pulang jalan kaki,  awal perjalanan sekitar 10 meteran  kita orang masih menyusuri jalan berlapis semen, lalu mulai nampak pemandangan alam persawahan dan gua kaget ternyata di sana ada tempat parkir juga.. saat itu bener bener dah gua pingin lari bopong itu motor kesini, *but ga jadi karena sama aja disana gak ada orang uy.. sama ajakan ya.. alhasil kita terus lanjutin perjalanan,  btw kalau kalian kesini nih kalian gak usah takut kesesat karena di beberapa tempat udah di pasangin rambu rambu arah supaya kalian bisa nyaman buat turun dan hati hati juga, untungnya gua kesini pas musim kemarau jadi tanahnya gak licin, gua bener bener gak recomended kalau pas musim hujan kalian pada main kesini karena selain tanah bakal licin banget, udah pasti air nya bakal deres banget, rawan deh pokoknya dan rute jalan udah pasti ancur dan rawan longsor.. gua sih bukan nakut nakutin cuman bener bener ketika kemarin gua kesana terus gua mau turunin anak tangga itu rasanya ngeliat samping kiri jurang samping kanan tembok tanah tanah berjatuhan itu ngeri banget.. mana gua kesana cuman berdua. 




Anak tangganya gak terlalu banyak, tapi lumayan melelahkan buat manusia berbobot macam gua ini
Kira” ada 15 menitan lebih untuk turun sampe ke dasar, sampe di bawah lu bakal WAHH karena di sambut ikan ikan yang nampak jelas berseliweran kesana kesini,  airnya jernih banget..cuman yah lagi lagi sampah dari orang orang yang berkunjung suka ngerusak suasana.. sesampainya kedasar kita masih harus jalan ke arah selatan, disini kalian bisa loncat loncatin batu batu untuk jalan atau juga bisa jalan ke arah selatan berdekatan dengan tembok karena pengelola air terjun ini udah  ngasih jembatan bambu untuk mempermudah pengunjung yang datang but agak ngeri karena bambu kena air lama lama bisa lapuk makanya kalian bener” harus waspada.

Akhirnya kita bener bener sampai di air terjun, tinggi nya sekitar 1 meter lebih tapi lumayan dalem kalau kalian mau berenang tepat di bawah air terjunnya, dan lagi lagi karena ini bener bener masih asri gak jarang kalian bakal ketemu Ular, pengalaman gua pertama kali kesini itu gua ada nemuin Ular hijau yang sedang asik asiknya tidur tepat tembok batu cadas, rawan sih namanya juga alam kan yaaa..  intinya selama kalian gak ganggu kalian aman aman aja kok..



Setelah puas kita foto” main main air, kita perjalanan otw buat pulang.. dan lagi lagi ngerasa uji nyali dan parahnya gua gak bawa air sama sekali jadilah gua naikin itu tangga tangga sambil menggeh mengeh * apasih ya kalau di bilang rasanya capek di dada itu loh...  jadi gua saranin buat kalian manusia yang berbobot buat selalu sedia air kemana pun kalian pergi wkkw.. dan setelah sekiar belas menit kita naik akhinya kita sampai dan sampai disana kita ketemu orang dan kita  di panggil
Gua kira awalnya kenapa, taunya eh taunya si bapak yang manggil kita orang itu minta kita bayar masuk.. btw ini bayar masuk udah sama parkir, dan jujur gua rada kesel seenggaknya kan kita harusnya cuman bayar setengahnya karena kita gak ada nitip motor disana,  dan lagi bapaknya tadi gak ada, pas kita udah keluar malah di suruh bayar masuk wkkw ..  dan yaudah lah akhirnya gua rogoh kantong dan ngasih uang 20 ribuan dan kembali 10 ribu,  jadi perorang itu bayar masuknya 5 ribu doang + parkir.  Setelah selesai urusan kita berdua langsung ingat motor dan berdoa supaya motornya aman.. dan Alhamdulillah AMAN!!! 

Okeh jadi sekian, jadi gua taruh link google maps biar kalian bisa kunjungin salah satu tempat wisata di Buleleng, Bali Utara.

MAPSNYA DI SINI UY

Kalau lu tanya kenapa nama nya air terjun tembok barak mungkin sih menurut penafsiran gua ya, karena tepat di 2 tembok pengapit air terjun itu warnanya barak * artinya Merah dalam bahasa bali

Okedeh sekian buat cerita jalan jalan gua bareng si iqbal, nantikan dia pulang buat liburan lagi yaa..
Intinya inget aja bayar masuk ONLY 5000 ( sudah termasuk parkir)

You May Also Like

0 komentar